Resep Membuat Roti Goreng

Siapa sih yang tidak suka memakan roti goreng. Hmmm, pastinya membuat ketagihan bagi setiap orang yang memakannya. Teksturnya yang kasar diluar namun lembut didalam, belum lagi ditambah dengan bahan isian seperti coklat, strawberi, susu, keju, dan sebagainya. Mungkin sebagian besar dari kita, selalu membeli roti goreng tersebut diwarung-warung atau ditoko roti terdekat. Tapi gak ada salahnya juga kan jika kita mau mencoba membuat roti goreng buatan sendiri. Nah berikut ini akan saya sampaikan beberapa resep cara membuat roti goreng.

* Bahan-bahan Roti *

– 250 gram tepung terigu berprotein tinggi (tepung cakra)

– 1 butir telur

– 1 sendok teh ragi instant (fermifan)

– 50 gram gula kastor (gula halus)

– 30 gram margarin

– 1 sendok makan susu bubuk merek apa saja

– ½ sendok teh garam

– 80 cc air putih

– minyak goreng secukupnya

– tepung panir (tepung roti) secukupnya

* Bahan-bahan Isian *

– Selai coklat secukupnya

– Selai strawberi secukupnya

– Buah pisang secukupnya

* Cara Membuat *

  1. Campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, kuning telur, dan air sedikit demi sedikit sembari di uleni hingga kalis dan tidak lengket di tangan.
  2. Setelah adonan kalis, masukan margarin dan garam kemudian diuleni lagi hingga elastis atau tidak mudah robek. Lalu, diamkan adonan selama 45 menit ditempat yang lembab, agar adonan mengembang 2 kali lipat.
  3. Ambil adonan tersebut untuk dikempiskan dengan cara ditinju-tintu, setelah itu potong adonan menjadi 50 gram per potong, lalu bulatkan dan diamkan kembali selama 15 menit.
  4. Pipihkan adonan yang sudah bulat tadi utuk di olesi dengan bahan-bahan isian. Setelah terisi bahan isian, bulatkan kembali adonan lalu celupkan dalam putih telur, kemudian gulingkan kedalam tepung panir, dan diamkan kembali selama 10 menit.
  5. Setelah itu tinggal digoreng dengan minyak gorang yang banyak hingga adonan terendam, disarankan untuk menggoreng menggunakan api kecil saja selama 5 menit.

6. Dan roti goreng pun siap dihidangkan, dan “sikaaaatttttt”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *