Hangout Akhir Pekan Ke Waduk Gunung Rowo

Sudah pernah berwisata ke Kabupaten Pati? Ada wisata alam yang asri lho! meski tak sehebat dan sepopuler kabupaten Jepara yang berada di sebelahnya, kabupaten Pati tak bisa dipandang sebelah mata untuk urusan objek wisata. Potensi wisata yang bisa dikembangkan ada banyak sekali. Walaupun memang belum optimal. Beragam wisata mulai dari wisata alam, wisata buatan hingga wisata sejarah, semuanya ada. Kita pun bisa memanfaatkan wisata yang ada sebagai tempat hangout asik di akhir pekan. Salah satu yang bisa kita nikmati adalah Objek wisata Waduk Gunung Rowo namanya.

Keindahan Wisata Waduk Gunung Rowo

Sama seperti waduk lainnya, Waduk Gunung Rowo berfungsi sebagai sarana irigasi. Namun, karena keindahannya waduk ini banyak dikunjungi masyarakat Pati. Seiring berjalannya waktu semakin banyak pengunjung datang ke sini. Di tempat wisata ini Anda dapat menikmati keindahan waduk yang dikelilingi hutan dengan berjalan santai. Saat lelah, ada gazebo-gazebo tersebar di kawasan ini berguna untuk tempat beristirahat. Jika Anda lapar langsung saja merapat ke warung makan di sekitar waduk. Sajian makanan khas berupa olahan ikan tawar dijamin buat ketagihan.

Yang menarik, dari waduk ini kita bisa melihat keindahan pegunungan yang berada di sebelahnya. Semuanya terpampang jelas di depan mata. tak hanya sampai disitu, ketika musim kemarau tiba, kita akan melihat waduk dalam keadaan kering. Yang kita lihat hanyalah hamparan rumput hijau, seolah seperti lauran rumput. Maka banyak warga yang memanfaatkanya untuk mengembala ternak mereka.

Lokasi Wisata Waduk Gunung Rowo

Wisata Waduk Gunung Rowo eksotis terletak di sebelah timur lereng Gunung Muria dan masih termasuk ke dalam Kabupaten Pati. Tepatnya di Desa Situluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati. Akses menuju wisata ini sangat mudah. Jalan menuju waduk sudah beraspal dan mulus.

Waktu berkunjung paling disarankan yakni saat musim hujan. Air waduk akan naik volumenya. Ketika itu Anda dapat melihat keindahan pantulan bayangan Gunung Muria di balik kejernihan air waduk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *